Home » AKTIVITAS » CAVING » Rigging Gua Bersama Forum Caving Surakarta @ Sumber Agung

Rigging Gua Bersama Forum Caving Surakarta @ Sumber Agung

Latgab Lanjut FCS 10-12 Februari 2012

Berangkat hari jum’at saya dan kak lita berangkat pukul 15.00,menuju ATW semua peserta dan panitia berkumpul disana,disana saya bertemu dengan teman-teman untuk membahas tentang alat dan logistik yang akan dibutuhkan.Kami terbagi menjadi 2 tim,tim pertama berangkat pukul 16.00 WIB yang beranggotakan agung,habib(GB),heni(SANGGURU),anna(ARCAPADA),wiji(SB),dan glimpung(DINAMIK).Dengan harapan tim yang berangkat duluan bisa mempersiapkan makan malam.Tim 2 beranggotakan delegasi-delegasi dari setiap OPA masing-masing.saya dan tobil(ATW) menchecklist alat-alat yang dipinjam dari setiap OPA,ada screw,tali carmantle,dan set SRT.Kami juga menunggu alat-alat yang diambil oleh Tulang(SG) dari JOGJA.pukul 17.30 WIB,alat sudah terkumpul semua dan segera kami packing.Selesa packing pukul 18.00,jumlah tas carriernya ada 8 buah.kami menunggu delegasi dari GAN yang datang pukul 18.30 WIB,setelah semua sudah lengkap Anissa(BRAHMA) segera membagi semua orang yg ada disitu dengan jumlah motor yang ada smua ada 17 motor dan pas dengan jumlah orang yang ada disitu.Setelah itu kami berdoa dan seperti biasa melakukan tos ala FCS.Kami berangkat pukul 19.20 WIB menuju desa Sumber Agung,Pracimantoro,Wonogiri.

Kamipun berangkat, pos pertama yaitu POM Bensin Sukoharjo,setelah itu kami melanjutkan perjalanan.sampai disana pukul 23.30 WIB.kami disambut oleh mas Katon penduduk setempat sebagai pemilik rumah basecamp yang kami tumpangi.karena makan malam telah tersedia kami lalu makan malam disana.Setelah itu pukul 00.30 WIB kami melakukan briefing dan pembagian kelompok buat penelusuran gua besok.Saya,Pelo(RECTHA),Mutia(KOMPOS),dkk melakukan penelusuran di gua Telogo Pilah sedangkan Wiji(SB),Heni(SG),dkk melakukan penelusuran di gua Seban,serta tim terakhir yang dipimpin Mbak Lita yaitu delegasi yang masih baru dan tidak ikut latgab yang pertama melakukan kgiatan eksokarst dan survei permukaan.Briefing selesai pukul 01.30 WIB setelah itu semua istirahat kecuali Perkab,saya,tobil(ATW),tulang(SG),dan Cindil(ATW) melakukan checklist alat-alat yang di perlukan untuk rigging penelusuran bsok pagi.Kami tidur pukul 03.00 WIB.

Pukul 05.30 WIB kami bangun,kami diberi waktu 1 jam untuk melakukan cuci muka dan persiapan untuk penelusuran gua,setelah itu kami sarapan pukul 06.45 WIB sampai pukul 07.30 WIB kami menyiapkan alat-alat personal seperti headlamp,boot,helm,dan coverall.coverall langsung kami pakai dan set SRTpun juga kami pakai/set dari basecamp,kamipun berfoto didepan basecamp,waktu pemberangkatan yang dijadwalkan pukul 08.00 WIB molor sampai pukul 09.30 WIB.setelah semuanya siap kami lalu berkumpul dan berdoa untuk kelancaran acara kami didepan basecamp,tim yang menuju gua Seban berangkat lebih dulu,setelah itu tim saya yaitu tim yang menuju gua Telogo Pilah.saya dan tim 1 berangkat dengan berjalan kaki menuju gua,sampai di gua pukul 11.30 WIB,setelah sampai kami beristirahat sejenak kira-kira 15 menit.yang menjadi riggingman pada pitch pertama yaitu Pelo(RECTHA) dan di asisteni oleh Terry(MFP),selesai rigging pukul 13.45 WIB,saya masuk ke gua nomer 2 paling akhir dan di belakang saya atau yang paling akhir yaitu Habib(GB).lintasan pada pitch pertama ada deviasi.setelah sampai di pitch pertama,tim rigging yang kedua telah membuat lintasan yang kedua,yang rigging yaitu Ondol dari OPA Jogja.pada lintasan kedua kedalamannya cukup lumayan kira-kira 20-25 meter,saya turun paling akhir dan pada dinding gua terdapat gordam yang lumayan besar.sampai di pitch yang kedua sekitar pukul 17.30 WIB,karna target kami waktu jadi kami memutuskan untuk kembali ke atas karena kami harus sampai basecamp pukul 20.00 WIB.yang cleanning pitch 2 saya dan pitch 1 Anna(ARCAPADA).kami sampai permukaan pukul 19.15 WIB,kami lalu menchecklist alat yang kami bawa.selanjutnya kami istirahat sejenak dan mengisi perut kami dengan bekal yang kami bawa.setelah itu kami lalu kembali ke base camp,sampai disana pukul 20.00 WIB,yang tim Seban ternyata sudah sampai basecamp,kami lalu membersihkan badan kami ada yang mandi ada yang hanya cuci muka.Setelah itu kami makan malam sampai pukul 22.30 WIB,selanjutnya melakukan evaluasi dan briefing untuk acara besok pagi.briefing selesai pukul 00.00 WIB,acara besok ternyata kami bertukar tempat,tim satu ke Seban ditambah dengan tim yang dipimpin oleh Mbak Lita dan tim 2 ke Telogo Pilah.setelah itu kami istirahat tp tetep perkab mencheklist alat yang akan dibutuhkan bsok pagi sampai pukul 01.30 WIB baru kami istirahat.

Hari ke-tiga bangun pukul 06.00 karna agak molor,seperti biasa kami MCK sampai pukul 07.15 WIB,setelah itu sarapan dan siap-siap untuk penelusuran sampai pukul 08.15,target waktu penelusuran sampai jam 13.00 WIB,ada beberapa orang yang tidak ikut penelusuran karna mempersiapkan makanan buat nanti siang,tim berangkat pukul 08.30 WIB,saya tidak ikut penelusuran karna saya mencheklist alat yang tidak dipakai,dan sekaligus stndby rescue,saya ditemani Gombloh(ATW)dan Agung.Sedangkan tim dapur Anna,Annisa,Mutia,dan Heni.Tim yang pertama sampai di basecamp yaitu tim Seban yaitu pukul 12.45 WIB,tim Telogo Pilah sampai agak telat skitar pukul 14.00 WIB,setelah itu mereka makan siang dan dilanjutkan briefing,sedangkan saya dan teman-teman perkab dan dibantu Habib dan Gombloh.mencheklist smua alat,ternyata ada satu carabiner snap yang kurang ternyata carabiner itu ada/ketut(bhs jawa) dengan set SRT milik jogja.Selesai briefing pukul 16.00 WIB kami semua langsung memacking semua alat kedalam carrier,selesai packing pukul 17.30 WIB,setelah itu kami memakai kaos latgab yang baru dan berfoto bersama serta siap-siap sampai pukul 18.30 WIB kami lalu berpamitan dengan keluarga yang di basecamp.kami barangkat pukul 19.00 menuju Solo,sampai di pasar Pracimantoro motor milik habib bocor kami membagi tim,tim pertama yg dipimpin Pelo berangkat terlebih dahulu,saya,mbk lita,gombloh,pedet(ATW),anna dan habib berangkat terakhir menunggu ban motor ditembel.cuaca saat itu hujan tim saya sampai di Solo tepatnya di ATW pukul 00.00 WIB,tim pertama jga sudah sampai.Selanjutnya kami mencuci alat sampai pukul 03.00 WIB setelah itu ada yang pulang ada jga yang menginap di ATW.saya dan mbak Lita sampai di Sekre AB pukul 10.00 WIB.