Home » AKTIVITAS » CAVING » LANTAP CAVING XX

LANTAP CAVING XX

Tanggal 15-17 Juni 2010 kemaren PMPA Ajusta Brata ngadain lantap caving, tempatnya di gua Penggung dan Sgrolutung yang berada di desa Johonut kecamatan Pracimantoro , kabupaten Wonogiri

Sebagai anggota muda AB , wajib nih rajin ikutan lantap biar bisa dilantik jadi anggota penuh 😀

nahh, kemaren ntuh kita habis pada lantap caving , gua vertikal..

persiapannya ?

Beuh ,pastinya lebih ribet daripada masuk gua horizontal..

selain butuh teknik khusus buat masuk gua vertikal , kami juga masih dilanda euforia habis penmas kemaren.. Jadi agak-agak males gimanaa gtu . Hehehe 😀

Teknik buat masuk gua vertikal namanya single rope tehnik , yang lumayan susah juga. Selain itu juga ada macam-macam rintangannya , ada intermediete , deviasi , sambungan tali , pendulum dll. dan belum semua anggota muda AB menguasai rintangan-rintangan ini.

Jadinya habis penmas kami langsung latian SRT intensif .. coz persiapannya cuma 2 mingguan gan,

belum ngurusin surat-surat ini itu , pinjem-pinjem alat ke OPA laen , lumayan ribet juga.. tapi akhirnya selesai tepat waktu…

ffiuhh…

Pada hari H , yaitu selasa tanggal 15 Juni 2010 sore Qta berangkattt..  molor juga berangkatnya, rencana berangkat jam 15.00 malah nyampe jam 18.00 baru start berangkat..

Qta touring pake motor rame-rame.

Sebelum berangkat berdoa dulu yaa teman-teman 😀

Kami berangkatt , dari kampus kami mengambil jalur palur-bekonang-sukoharjo-wonogiri

ditengah tengah perjalanan , ada sedikit trouble , motor yang dinaiki mb lita dan mas putra tau-tau mogok , padahal lagi ujan deress nii.

akhirnya motor mba lita kami teduhin , sambil dipanasin mesinnya ..akhirnya ga lama kemudian kami berangkaatt ,melanjutkan perjalanan..

Sampe di basecamp sekitar jam 21.00 wib , mana sepanjang perjalanan ujan..basah kuyub deh, jadinya begitu nyampe basecamp Qta langsung ganti baju , ada yang nyiapin tempat , nata alat , sampe nyiapin makan malam J

Setelah semuanya beres , kami makan bersama .. hmm , rasanya nikmat bgt makan bareng sama sodara-sodara kek gini 😀

Habis makan malem , kita briefing buat persiapan caving besok sekalian sama refresh materi dan pembagian kelompok untuk caving esok hari..

kelar briefing uda jam 12 malem nii , saatnya tidur teman-teman J

zzz..zzz..zzz

 DIGITAL CAMERA
foto: panitia dan pesrta lantap caving XX

 

day 2 ( rabu ,16 Juni 2010)

Pagiii .. 😀

hari ini kami siap buat caving , setelah bangun tidur , cuci muka dan melakukan aktivitas pagi lainnya kami membantu mempersiapkan peralatan yang akan dibawa oleh tim rigging.

tim rigging berangkat lebih dulu untuk mempersiapkan lintasan yang akan kita pakai nanti..jadinya pagi-pagi bener deh  mereka berangkat.

Setelah mereka berangkat , Qta mulai nyiapin alat-alat yang mau dibawa per kelompok . Setelah semua kelar , kami pun berganti kostum dengan memakai coverall , memakai set SRT dan kemudian melakukan pemanasan .. ffiuhh

Setelah melakukan pemanasan , sekitar pukul 08.00 kami pun berangkat menuju lokasi gua yang telah ditentukan , kelompok 1 yang beranggotakan alvi , toni , reska dan irvan yang menjadi asisten rigging. Sementara rigging man adalah mbak lita.kelompok 1 akan memasuki gua ngrolutung . Sementara kelompok 2 yang beranggotakan novi , ikhwan, reny, rizky dan yocky yang menjadi asisten rigging , dengan rigging man mas ipul.kelompok 2 akan memasuki gua penggung.

Perjalanan dari base camp sampai ke gua lumayan jauh juga , di tengah perjalanan rombongan dipisah menjadi 2 kelompok ,seperti yang sudah ditentukan sebelumnya.

Kelompok 1 menuju ke gua ngrolutung sementara kelompok 2 menuju gua penggung.

****

Sekitar pukul 09.00 rombongan telah sampai di gua masing-masing . Setelah mempersiapkan segala sesuatunya seperti headlamp , senter , snack , batere cadangan dll untuk memasuki gua , satu persatu dari kami mulai turun memasuki gua . Rasa tegang , takut , gugup menjadi satu . Maklum pengalaman pertama berhadapan dgn gua vertikal . Di bawah gelap  dan kami tidak tahu , berapa dalam lorong berbentuk sumuran yang akan kami masuki.

Sambil berdoa dan mendengarkan instruksi dari cave guard kami pun mempraktekkan ilmu yang telah kami dapat selama latihan .di dalam gua kami akan melakukan eksplorasi dan maping grade 1.

Let’s eksplore guys .. J

***

Ffiuh , tengah hari sekitar pukul 13.00 kelompok 1 telah menyelesaikan eksplore di dalam gua . Setelah semua anggota naik , kami pun beristirahat sejenak untuk kemudian melakukan rolling gua dengan kelompok 2.

Pukul 14.00 kelompok 1 melanjutkan perjalanan untuk menuju ke gua penggung . Namun sesampainya disana ternyata kelompok 2 belum selesai melakukan eksplore . Hal ini dikarenakan medan gua penggung yang relatif sulit daripada ngrolutung.

Menurut info yang kami dapat dari rigging man , medan gua penggung ini memiliki kedalaman kurang lebih 40 meter sampai di pitch 1, sementara tali yang digunakan untuk turun adalah tali kernmantle berjenis dinamis statis yang tentu saja lebih sulit daripadab tali kernmantle statis  yang biasa digunakan. Huvd , cukup menguras tenaga . L

Sekitar pukul 15.00 satu persatu anggota kelompok 2 mulai naik . Tampak wajah-wajah mereka kelelahan . Setelah sebagian besar anggota kelompok 2 naik , sebagian peserta kelompok 1 mulai turun memasuki gua penggung.

Tak lama kemudian kami mendapat kabar kalo ada anak XX yang datang menyusul untuk mengikuti lantap . Mereka adalah  beni , sopan dan ali. Mereka langsung turun untuk melakukan eksplore di gua ngrolutung.

Sambil menunggu kelompok 1 turun ,tak lama kemudian ternyata ketum datang dan menyuruh agar lintasan di gua penggung segera di cleaning dan kembali ke gua ngrolutung . Karena hari telah beranjak gelap dan kondisi gua yang tidak memungkinkan untuk dimasuki di malam hari . Akhirnya sebagian peserta kelompok 1 dan kelompok 2 mulai membereskan dan merapikan alat-alat yang dipakai . Lalu kami pun menuju ke gua ngroltung . Sementara riggingman dibantu oleh beberapa orang cleaning lintasan di gua penggung.

Sekitar pukul 20.00 rombongan dari gua penggung telah sampai semuanya ke gua ngroutung . disini pun kami langsung bersiap-siap untuk turun ke gua ngrolutung.

Lintasan yang terdapat di gua ngrolutung tidak sesulit yang berada di gua penggung. Gua ngrolutung memiliki lintasan yang terdiri atas 3 pitch , state pool, lorong sempit serta chamber. pitch pertama memiliki kedalaman sekitar 10meter , pitch 2 sekitar 8 meter , dan pitch 3 sekitar 2 meter.

Setelah semua anggota muda masuk ke dalam gua , kamipun lalu diminta untuk mematikan headlamp dan alat penerangan yang kami bawa . ada apa gerangan ?

Ow..oww.. ternyata kami diajak untuk menikmati gelap abadi di dalam gua .canda tawa yang sempat terdengar pun berubah menjadi hening bahkan haru , saat satu persatu dari kami menyampaikan uneg-unegnya selama ini . harapannya agar kami tetap bisa menjaga kekompakan keluarga besar AJUSTA BRATA.

Love you all guys 😀

Setelah semua mendapat giliran menyampaikan apa yang ada di pikiran mereka , kami pun naik. Peserta cewe dapet giliran lebih dulu nih . Ditengah tengah perjalanan menuju ke entrance gua ternyata ada insiden , saat ada batu yang lumayan besar jatuh dan menimpa kepala ikhwan yang kebetulan sedang tidak memakai helm . Duh, suasana canda tawa langsung berubah menjadi panik dan shock . tapi kami tetap harus tenang.

Batu yang jatuh lumayan besar menimpa kepala ikhwan dan membuat kepalanya sedikit berdarah.

kami takut kalo nanti dia pingsan .tapi ternyata  yang bersangkutan hanya bisa cengar cengir menahan sakit .. ffiuhh ..

Dengan perasaan tegang dan takut kalo kejadian itu bakalan terjadi lagi , kamipun bergegas kenbali ke atas .tak lupamkami lebih waspada . karena takut insiden yang sama bakal terulang.

Sambil menunggu semua peserta kembali , para peserta yang sudah sampai di atas mulai memasak , membuat minuman dan memasak mie untuk makan . karena badan sudah terlalu letih dan terlalu lama menunggu riggingman selesai cleaning lintasan , akhirnya sebagian besar dari kami pun jatuh tertidur .. tanpa sempat makan malam .hehehe 😀

Day 3 ( Kamis , 17 JUni 2010)

Selamat Pagii dunia .. !! J

Hoahmm , udah pagi ternyata ..wahwah ,saatnya balik ke base camp ni ..

Tapii , ternyata anak-anak masih banyak yang tidur . hmm , ada yang ngorok pula .hehehehe.keliatan pada capek banget.

Yang ga tidur masih betah ngadep ke api unggun buat ngangetin badan .

Setelah stretching-stretching badan akhirnya mulai beres-beres de .. anak-qnak juga udah pada mulai bangun.. ada yg langsung pgn ritual pagi , ada yang treak-treak laper , nyari minum ,nyari barang-barangnya yang ilang gatau kemana . hehehehe

Ramee bgt .. J

Akhirnya Qta bagi-bagi tugas , ada yang ngelist alat , packing , beresin flysheet , matras , buang sampah dll

Ga lama kemudian kelar deh , kami langsung melanjutkan perjalanan menuju basecamp.. selama perjalanan kami saling bercanda dan bercerita mengenai kesan-kesan caving kemarin.

Perjalanan pun menjadi tidak terasa . tau-tau udah nyampe basecamp ,hehehe .

Sesampainya di basecamp sekitar pukul 09.30 kami langsung menyiapkan tempat untuk mengelist alat . sebagian ada yang membersihkan diri , sebagian ada yang mengelist alat dan menata alat . sementara tim kordap sudah menyiapkan sarapan .. nyam..nyam.. J

Setelah semua beres , kami langsung menyerbu makanan yang telah tersedia *maklum , kelaparan dari semalam*

Hihihi ,

Kami kembali makan bersama dengan suasana penuh kekeluargaan ,hehehe.

Sehabis sarapan , kami pun tidur hingga pukul 13.00 . pukul 13.15 kami pun mulai packing dan membersihkan basecamp. Akhirnya sekitar pukul 15.00 kami pun siap. Setelah foto-foto bersama dengan bendera AB kami siap untuk pulang ke kota solo .

Sesampainya di solo sekitar pukul 18.00 .setelah beristirahat sebentar , kami pun langsung mencuci alat …

Capek bgt rasanya , tapi seneng uda berhasil melewati ini semua .hehehe.

Selesainya lantap caving kita ini sekaligus sebagai pemicu semangat untuk terus berusaha maksimal menyelesaikan satu lantap lagi yaitu rock climbing.dan tentu saja agar kami bisa segera dilantik .. hehehe J

Yup , udahan dulu deh cerita dari lantap caving kita .. next time bakalan ada cerita-cerita lain yang lebih seru yang bakal kita share seputar AJUSTA BRATA.. just wait n see ..

HELLO GENK …..!!!!!!

 

AJUSTA !!!!!!

Berita Terbaru
August 2019
M T W T F S S
« Jan    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031