Home » AKTIVITAS » CAVING » LANTAP CAVING DIKLATSAR XXIII AJUSTA BRATA

LANTAP CAVING DIKLATSAR XXIII AJUSTA BRATA

JUMAT, 28 Juni 2013
Hujan yang cukup deras turun saat 5 anggota muda dan pengurus bersiap menuju Pacitan sore itu. Hingga pukul 17.00 hujan reda dan anggota muda bersiap untuk memulai perjalanan ke lokasi Lantap Caving kali ini. 12 orang dengan 6 motor menuju lokasi. Sementara mas Galih dan mba Dewi sudah terlebih dahulu ke lokasi. Mba Tika dan mas Joshe yang terlebih dahulu ke lokasi menaiki bus umum. Posisi leader diambil oleh pasangan mas Zaki dan Tanti sementara sweaper pasangan mas Nugroho dan Anis.

Pemberhentian pertama, seperti biasa di pom bensin Dagen pukul 17.10. Semua motor terlihat antri mengisi bahan bakar untuk motor masing-masing. Setelah semua sudah mengisi bahan bakar, rombongan kembali melakukan perjalanan. Pemberhentian kedua tepat pukul 18.30 untuk melaksanakan sholat maghrib di daerah Kota Wonogiri. Perjalanan kemudian dilanjutkan sampai berhenti di Pracimantoro pukul 19.54 untuk makan dan beristirahat sejenak.

Setelah selesai makan, perjalanan dilanjutkan kembali dan pada pukul 22.36 akhirnya sampai di basecamp.
Setibanya di basecamp isi carier dikeluarkan kemudian dilist kembali.

img_2238

img_2239

Setelah semua alat dilist, mas Bayu memberikan refresh materi pada pukul 23.44 dan melakukan brefing untuk kegiatan esok hari.

img_2243

img_2245

Setelah selesai Briefing pukul 24.15, anggota muda langsung disuruh tidur untuk menjaga stamina esok hari.

Sabtu, 29 Juni 2013
Pukul 05.00 para anggota muda bangun dan langsung melaksanakan ibadah shalat shubuh. Arif yang bertugas sebagai asisten riggingbersiap-siap ke lokasi luweng bersama Mas Bayu untuk membuat lintasan rigging. Sementara anggota muda lain kembali melakukan list alat yang akan dibawa ke luweng.
Pukul 06.30 para anggota muda bersiap melakukan senam pagi dipimpin oleh Mas Arif. Senam pagi itu dipimpin oleh hadid.

 

img_2266

img_2288

Sekitar pukul 07.00 senam pagi usai dan para anggota muda kembali ke base camp untuk sarapan. Sarapan usai pukul 07.24. setelah sarapan usai para anggota muda yang sudah siap dengan pakaian tempur ala caving, coverall bersiap-siap ke luweng dengan membawa peralatan caving. Kami menggunkan sepeda motor secara berpasangan menuju ke lokasi luweng yang agak jauh dari basecamp. Empat anggota muda yang lain akhirnya menyusul Arif ke lokasi luweng.
Sesampainya di lokasi luweng ternyata riggingan belum jadi sehingga harus menunggu smpai rigginganya jadi. Cukup lama kami menunggu Mas Bayu dan Arif membuat riggingan. Sampai sekitar pukul 13.00 kurang, Mas Bayu keluar dari luweng. Sebelum masuk luweng Mas Bayu melakukan briefing terlebih dahulu mengenai lintasan yang dibuat.

 

img_2393

Setelah selesai briefing Hadid mendapat giliran pertama untuk memasuki luweng. Disusul Tanti, Nia, dan Anis untuk melakukan maping gua.
Kami turun menuju pitch satu yang dijaga oleh Mba Retno, sementara yang bertugas sebagai cave guard ada Mbak Tika dan Mas Galih. Di pitch pertama ada Arif dan Mas Zaki, tetapi Mas Zaki langsung turun ke pitch dua untuk berjaga di sana. Dari pitch satu ke pitch dua kami melewati lintasan pendulum, intermediet, dan ada sambungan tali. Antara pitch satu dan pitch dua ada Mas Arif yang berjg. Dari pitch satu ke pitch dua dan pitch dua ke pitch tiga giliran turun tetap sama. Dari pitch dua ke pitch tiga kami melewati lintasan intermediet. Di pitch tiga ada Mas Joshe yang berjaga. Setelah sampai di pitch tiga kami diberikan kesempatan untuk melakukan explore. Di sana ada static pool yang untuk melihatnya diperlukan usaha lebih karena kita harus dalam posisi tidur ketika ingin ke lokasi static pool.
Setelah melakukan explore kami mulai melakukan maping, pitch tiga ke pitch dua yang melakukan maping adalah Anis dan Tanti. Anis sebagai Pointer dan Nia sebagai Shooter. Sementara pitch dua ke pitch satu yang melakukan maping adalah Tanti dan Hadid. Hadid sebagai shooter dan Tanti sebagai Pointer. Pada saat maping terjadi hujan deras diluar menyebabkan air masuk ke dalam luweng sehingga kami harus berbasah-basahan dan kedinginan.
Untuk pitch satu ke entrance maping dilakukan maping oleh Nia dan Hadid. Nia sebagai shooter dan Hadid sebagai pointer. Kami melakukan maping dengan menggunakan satu tali untuk dua orang. Anis dan Tanti sudah terlebih dahulu naik dan istirahat. Sekitar pukul 03.00 mapimg selesai dan para anggota muda sudah sampai di luar luweng dengan selamat kemudian langsung istirahat.

 

img_2425

img_2503

Minggu, 30 Juni 2013
Pukul 06.00 anggota muda dan pengurus bersiap packing dan alat dilist untuk dibawa kembali ke basecamp.

img_2550

img_2566

img_2577

Setelah semua dipacking dan diadakan cleaning kami kembali ke basecamp.Sampai di basecamp kami langsung bersih-bersih mandi dan mulai sedikit demi sedikit packi ng barang pribadi. Setelah badan bersih makanan siap dan kami langsung sarapan.

Selesai sarapan kami dianjurkan untuk tidur untuk persiapan perjalanan pulang ke Solo. Setelah cukup tidur kami bangun dan kembali makan. Setelah selesai makan siang kami kembali ke Solo. Pukul 14.00 kami siap pulang. Tak lupa kami mengabadikan foto dan berpamitan kepada pemilik rumah tempat yang kami jadikan basecamp.

img_2687

Pukul 15.25 kami berhenti sambil menunggu rombongan yang ketinggalan. Pukul 16.15 kami kembali berhenti di pom bensin sekaligus shalat Ashar. Kami sampai ke sekre pukul 18.30 dan langsung membersihkan alat.

Berita Terbaru
August 2019
M T W T F S S
« Jan    
 1234
567891011
12131415161718
19202122232425
262728293031