Home » AKTIVITAS » CAVING » DIKJUT LANTAP CAVING XIX

OLYMPUS DIGITAL CAMERA

Kamis, 9 April 2009

14.30 WIB

Semua orang mulai packing, check list barang-barang yang dibutuhkan. Barang-barang yang belum ada segera dicari. Semua sibuk mempersiapkan alat bersama maupun pribadi. Setelah semua di packing, kita semua presensi jumlah orang yang akan berangkat. Karena kita berangkat naik motor maka dihitung jumlah motor yang ada sudah memenuhi atau belum. Kemudian kita mengecek kesiapan masing-masing sepeda motor.

15.30 WIB

Carrier-carrier yang akan dibawa dikeluarkan dari sekre, kemudian semua briefing di depan gedung I. Leader kita dalam touring kali ini adalah Taufik dan sweapernya Andita. Check point pertama Pom Bensin Palur, Rute kita kali ini Solo-Bekonang-Wonogiri. Pemberangkatan diawali dengan berdoa bersama dan ….. Hello gank…. Ajusta….

16.05 WIB

Kita berangkat dari kampus tercinta menuju Pom Bensin Palur,semua tangki sepeda diisi full dan menambah angin ban agar perjalanan nyaman, setelah itu perjalanan dilanjutkan. Selang beberapa menit kita sampai di Sukoharjo, tiba-tiba ban sepeda Jane bocor. Akhirnya, rombongan terbagi menjadi dua sebagian menemani Jane tambal ban di depan RSU Sukoharjo dan sisanya melanjutkan perjalanan ke check point kedua yaitu Rumah Lukman.

17.10 WIB

Sepeda Jane sudah kelar ditambal, perjalanan dilanjutkan. Kecepatan ditambah karena teman-teman yang lain sudah menunggu di rumah Lukman. Ehhh waktu sampai di Wonogiri gantian ban sepeda Lita yang bocor , rasanya seperti tertimpa tangga dua kali. Karena ada event ban bocor dua kali Kita sampai dirumah Lukman pukul 20.15 WIB. Semua numpang Isya di tempatnya Lukman. Kemudian  perjalanan dilanjutkan. Basecamp kita kali ini adalah rumahnya mas Heri…

21.45 WIB

Yeee…, akhirnya sampai di rumah mas Heri, kita semua bisa istirahat. Setelah semua istirahat schedule malam ini adalah materi buat caving yaitu TPGH (Teknik Penelusuran Gua Horisonta) dan TPGV (Teknik Penelusuran Gua Vertikal). Anak-anak 19 diajari cara pengambilan data untuk mapping gua, seperti pemakaian kompas, alti dan clino serta dijelaskan tentang kode etik seorang caver. Pengisi materinya Jonathan, Taufik dan Andita. Mereka juga menerangkan tentang pembagian Pointer, Shooter, Porter dan Descriptor beserta tugasnya masing-masing. Sehabis materi semua disuruh menyiapakan alat-alat yang diperlukan untuk TPGH keesokkan harinya, meliputi keperluan apribadi dan bersama.

Pukul 23.10 WIB

Prepare untuk TPGH usai, kita-kita tidur Karena plan besok pagi kita berangkat ke gua Beser pukul 06.00 WIB. Semua orang ormed tempat buat tidur, ehm…. Akhirnya tidur juga.

Jumat 10 April 2009

Pukul 04.50 WIB

Semua bangun langsung dech aktifitas pagi dimulai, ada yang  ngantri buang air kecil, mandi, sholat dll. Karena sudah prepare tadi malam kita tinggal berangkat, semua ganti baju dengan coverall, pakai sepatu boot dan helm caving. Kita sudah menyiapkan 3 macam penerangan, yaitu : headlamp, senter dan korek api tak lupa ada bonus aseto buat yang mau pakai. Pukul 06.35 WIB kita berangkat dari rumah mas Heri ke gua Beser. Sampai di gua, sarapan pagi dan pembagian tim buat mapping. Tim pertama terdiri dari Aulia, Tata, Santo, Saras dan Putra bertugas dari stasiun 0 sampai 5. Tim kedua Ipul, Ajeng, Lita dan Antika dapat bagian dari stasiun 6 sampai 10.

Pukul 08.35 WIB

Kita masuk gua, entrance berada dekat ladang jagung  penduduk dan sebelum entrance ada belik kecil. Ada air buangan yang masuk melewati entrance. Kita masuk memakai bantuan tangga, kita di sambut tumpukan batu dan sampah-sampah baju. Sebelah kiri terdapat  pilar yang masih hidup, berwarna putih kecoklatan diselingi kalsit-kalsit kecil. Rute yang diambil rute yang sebelah kanan, di atap gua ada ular kecil sedang istirahat, hewan lain yang ditemukan yaitu kelelawar dan jangkrik gua.di sepanjang rute ada aliran air, ternyata air tersebut datang dari arah yang berlawanan kemudian bertemu disatu tempat dan mengalir ke bawah.

Pukul 10.55 WIB

Kita sudah keluar dari gua, semua membersihkan badan seperlunya dengan air belik dekat gua. Pukul 11.25WIB, kita kembali kerumah mas Heri karena ada yang punya kewajiban buat sholat Jumat. Habis sholat Jumat Kita-kita having Lunch di rumahnya mas Heri.

Pukul 14.25 WIB

Pamit dari rumah mas Heri kita menuju Paranggupito, 2 jam perjalanan kita sampai di basecamp selanjutnya yaitu rumah neneknya mas Gentar. Sampai di Johunut  kita istirahat dan check list alat. Wah kita bisa take rest sebentar, lumayan bisa tiduran sambil nunggu makan malam jadi.

Pukul 20.20 WIB

Makan malam udah jadi, kita semua makan malam. Habis makan kita prepare alat untuk TPGV mala m ini.

Pukul 23.00 WIB

Pasukan caver berangkat ke luweng Jaten, 20 menit jalan kaki dari basecamp. Sampai di luweng semua alat yang dibawa di check list. Riging man kali ini Taufik dan asisten riging Lita. 1,5 jam kemudian  lintasan sudah siap. Satu persatu dari kita bergantian turun ke luweng. Kita bertahan sampai pukul 08.30 WIB di luweng Jaten.

Sabtu, 11 April 2009

Perjalanan dilanjutkan ke Luweng Klendho…

Gua kali ini memiliki dua buah entrance, yang satu lebar dan dipinggirnya ada sebuah pohon yang hampir menutupi entrance. Pohon ini dimanfaatkan Andita dan Taufik untuk riging, kemudian dientrance yang sama sebelah kanan ada batu tanduk, Mardi memakainya juga untuk Riging. Entrance satunya terletak lebih tinggi dan diameternya lebih sempit, di entrance ini Santo dan Lita latihan riging di temani Wilis,Gentar, Taufik dan Jonathan. Tapi lintasan yang ini kurang nyaman dipakai karena sudut deviasinya terlalu besar. Akhirnya, dalam pemakaian lintasan ini kita start dari deviasi bukan dari main anchor. Sampai didalam gua semua explore, ada lubang sempit dengan diameter kurang lebih 40 cm, explore di sini lumayan kerja keras karena hampir selalu merebahkan badan, ornament yang ditemukan disini adalah leher sapi . leher sapi yang terexplore ini lumayan besar dan masih hidup. Jalur explore selanjutnya naik  sedikit kearah yang berlawanan , jalur yang ini penuh dengan ornament gua yang masih hidup, jadi kita harus berhati-hati meminimalisir memegang ornament dan jangan sampai merusak gua. Ornament terbesar kali ini sebuah gordyn berwarna cream.  Jalan sebelum menuju gordyn sempit dan lantainya agak tajam. Ternyata jalurnya hanya melingkar jadi setelah susuh-susah merayap kita kembali ke titik awal explore kita tadi. Namun demikian, tidak ada ruginya karena kita punya kesempatan untuk melihat sebuah pilar yang indah dan sebuah pilar yang patah bagian tengahnya.

Pukul 14.45 WIB

Semua keluar dari gua, cleaner keluar terakhir untuk clean tali dan barang-barang yang tertinggal maupun sampah yang ada Karena seorang caver tidak boleh meninggalkan sesuatu kecuali jejak. Setelah sampai diatas semua membereskan set dan peralatan lain yang digunakan. Setelah di check list kita pulang ke basecamp.

Pukul 17.30 WIB

Kita sudah sampai basecamp, semua  cuci kaki dan istirahat. Santo, Ipul, Putra dan Saras mendahului pulang karena ada kepentingan. Sisanya mencuci alat di telaga yang jaraknya 15 menit naik sepeda motor. Dua jam kemudian  hujan turun, mau tidak mau kita langsung packing alat-alat yang masih basah dan kembali ke basecamp.

Pukul 20.30 WIB

Sampai di basecamp kita mandi dan siap-siap makan malam, makan terasa lahap mungkin karena seharian beraktifitas. Sehabis dinner dan cuci piring semua  tidur mengembalikan tenaga untuk perjalanan pulang besok pagi.

Pukul 04.15 WIB

Adzan Subuh membangunkan anak-anak Adam, wudhu, gosok gigi dan sholat. Kemudian  kita packing ulang dan siap-siap  pulang. Ternyata motornya kurang satu, jadi merepotkan mas Gentar untuk mengantar kita sampai Solo.

Pukul 09.10 WIB

Alhamdulillah semua sampai sekre dengan selamat tanpa kekurangan suatu apapun. Setelah itu seperti rutinitas kegiatan-kegiatan sebelumnya, cuci alat…… sampai pukul 16.00 WIB. Kemudian anak-anak bubar pulang ke kos masing-masing.