LATIHAN PEMANTAPAN ROCK CLIMBING DIKLATSAR XXVI

Tanggal : 16-18 April 2016

Tempat : Pantai Siung, Gunung Kidul

lantap

Lantap rock climbing diklatsar 26 ajusta brata dilaksanakan selama 3 hari. Lantap RC ini diikuti oleh enam Anggota Muda Diklatsar 26 Ajusta Brata, yaitu Aji, Muchsin, Shabrina, Ulya, Shinta, dan Okky.

Sore itu, Jumat 16 April 2016 kami bersiap-siap dan mengecek alat-alat yang akan kami bawa ke Pantai Siung Gunung Kidul. Bukan untuk sekedar rekreasi dan camping di pantai, melainkan kami akan melaksanakan kewajiban kami sebagai Anggota Muda, yaitu latian pemantapan panjat tebing atau biasa kami sebut Lantap RC. Setelah semua sudah siap, kami tinggal menunggu salah satu kakak kami yang masih ada kelas. Ya walaupun kegiatan ini wajib bagi kami namun sebagai mahasiswa kami anak-anak Ajusta Brata tetap memiliki kewajiban yang utama yaitu kuliah.

Akhirnya, setelah semua anggota lengkap dan sudah siap untuk berangkat, kami berdoa bersama agar diberi keselamatan selama perjalanan. Tidak lupa dengan “ritual” kami sebelum kegiatan yaitu push-up bersama sebanyak 1 seri atau 10 kali. Pukul 17.20 kami berangkat dengan 6 buah sepeda motor. Setelah lebih dari 1 jam, tepatnya pukul 18.30 kami berhenti di Kab Sukoharjo untuk ishoma. Sebagian dari kami sholat terlebih dahulu, setelah itu kami isi perut di sebuah angkringan disana. Setelah selesai kami pun melanjutkan perjalanan kami, dan akhirnya kami sampai di Pantai Siung pukul 21.40.

Tanpa menunggu lama kami langsung menuju ke tempat langganan anak AB mendirikan tenda disana. Kami bagi tugas untuk mendirikan tenda, cek list alat, dan menyiapkan peralatan masak. Pukul 23.20 kami melakukan briefing malam untuk kegiatan di hari esok, juga untuk pembagian tugas jaga malam dan koor-dapur. Pukul 23.35 koor-dapur dan kami yang tugas jaga ke 2 beranjak ke tenda “doom” dan tenda “kepompong” untuk istirahat. Pukul 4.30 semua bangun untuk melaksanakan sholat Subuh dan koor-dapur menyiapkan makanannya.

Pukul 5.40 kami melakukan pemanasan ditemani angin pantai dan suara ombak. Seperti biasa kami membayar
 hutang seri kami semasa Diklatsar. Pukul 6.22 kami mulai berangkat dari camp kami di pantai menuju tebing-tebing di sisi barat Pantai Siung. Karena disana bersamaan dengan Mapala dari UNY, kamipun akhirnya berbagi tempat dengan mereka. Empat orang dari kami mendapat giliran pertama untuk melakukan pemanjatan secara Artificial, kemudian pukul 12.15 kami bergilir sholat kemudian makan bersama dibawah tebing. Dilanjutkan 2 anggota kami yang tersisa untuk memanjat tebing tersebut. Pukul 17.50 matahari sudah mulai menyembunyikan dirinya, dan kamipun mulai packing alat kami kembali dan mulai berangkat ke camp.

IMG_2153

Tidak sampai 5 menit berjalan kami sudah tiba di camp, namun awan di langit sudah terlihat pekat dengan tidak terlihatnya bintang-bintang di angkasa. Kami segera mendirikan tenda “doom” namun air hujan sudah mulai berjatuhan. Kegiatan malam diisi dengan evaluasi, makan malam dan sharing biasa, bedanya dari malam sebelumnya, malam ini ditemani hujan. Dan seperti sebelumnya, kita bangun pukul 4.30 untuk melaksanakan kewajiban, dilanjutkan pukul 6.00 kami melakukan pemanasan.IMG_2200

Dihari kedua ini kami mencoba berbagai lintasan disana, dengan berbagai mode pemanjatan, runner-to-runner, bouldering dll. Beberapa lintasan memang sulit dilewati, ya walaupun bukan lintasan yang paling sulit, mungkin karena jam terbang kami yang juga masih sedikit. Setelah serunya mencoba berbagai lintasan, tak terasa matahari sudah hampir tepat diatas kita. Pukul 12.00 kami mulai turun dan melakukan packing alat dan sebagian memasak makanan untuk siang ini. Alasan kami packing lebih awal agar kami tidak terlalu capek di perjalanan dan juga menghindari perjalanan di waktu malam, juga karena esok hari kami tetap harus melaksanakan kewajiban kami sebagai mahasiswa.

Pukul 14.10 packing alat dan tenda sudah selesai, beberapa yang melaksanakan ibadah sholat juga sudah selesai. Kami pun melakukan doa bersama agar perjalanan pulang kami lancar tanpa hambatan. Pukul 14.30 semua sudah siap dengan motor dan pasangan masing-masing untuk memulai perjalanan pulang. Semua berjalan beriringan dengan hati-hati, namun di perjalanan ada 1 motor mengalami ban bocor, akhirnya kami terbagi menjadi 2. Rombongan pertama akhirnya sampai di kampus pukul 17.20 sedangkan rombongan kedua sampai agak malam, sekitar pukul 19.00 dalam kondisi selamat.

December 2019
M T W T F S S
« Sep    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031