REPORTASE LATIHAN PEMANTAPAN HUTAN GUNUNG DIKLATSAR XXIV AJUSTA BRATA

Tanggal           : 28 – 31 Maret 2014

Tempat            : Pegunungan Lawu Selatan

Lantap hutan gunung diklatsar 24 ajusta brata dilaksanakan selama 4 hari. Lantap HG ini diikuti oleh tujuh Anggota Muda Diklatsar 24 Ajusta Brata, yaitu Wahyu AK, Ogif, Wahyu S, Kiki, Waasi, Yuanita, dan Muninggar. Kelima Anggota Muda yang lain, yaitu Ega, Agung, Gigih, Farhan, dan Tedo belum bisa ikut Lantap saat itu dan akan menyusul di kemudian hari.

Kami berangkat pada hari Jumat, 28 Maret 2014. Sebelum berangkat, kami berkumpul terlebih dahulu di komunal sipil untuk berdoa dan melakukan sebuah perayaan sebanyak satu seri pada pukul 16.10 WIB. Kemudian, kami berjalan menuju pinggir Jalan Ir. Sutami pukul 16.24 WIB untuk menunggu Bus kota. Setelah kami menunggu bus beberapa lamanya, akhirnya datanglah bus yang tepat untuk kami naiki pukul 16.50 WIB. Sebelum kami menaikinya, kakak – kakak Anggota Penuh Ajusta Brata melakukan negosiasi menyangkut tarif yang akan dibayarkan nantinya. Setelah beberapa menit, akhirnya pukul 16.55 WIB kami naik bus tersebut. Keadaan di dalam bus begitu penuh sesak. Sudah penuh sesak begitu, masih saja kondektur Bus menambahkan penumpang ke dalam Bus. Panas memang, tapi tetap menyenangkan, karena kami tidaklah sendiri.  Akhirnya, setelah berpenuh sesak di dalam bus, kami sampai di terminal Tawangmangu pukul 18.25 WIB dan langsung ishoma pukul 18.32 hingga pukul 19.40 WIB. kemudian, kami melanjutkan perjalanan menggunakan truk pukul 19.45 WIB dan sampai di Tlogodringo pukul 20.07 WIB. Kami berjalan hingga tempat camp pukul 20.46 WIB. Di sana, kami mendirikan dome, fly sheet, mencari kayu, memasak air, membuat api, dan lain – lain hingga pukul 23.00 WIB. Setelah semuanya telah siap, tepat pukul 23.00WIB kami melakukan briefing dengan  Mas Acil dan Mas Cahyo. Dalam briefing itu, kami dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama terdiri dari Wahyu AK, Wahyu S, dan Yuanita, dan kelompok kedua terdiri dari Muninggar, Ogif, Waasi, dan Kiki. Setelah itu, kita refresh materi pukul 23.10 WIB. Kebanyakan dari kami merefresh materi tentang kompas malam. Setelah semua itu selesai, kami pun beristirahat pukul 00.17 WIB dan bergantian jaga malam. Ogif dan Wahyu S mendapat giliran jaga malam pertama. Kemudian digantikan oleh Kiki dan Wahyu AK. Sedangkan Waasi, Yuanita, dan Muninggar istirahat terlebih dahulu dan bangun pukul empat pagi, karena mereka mendapat giliran menjadi kordap esok hari. Pukul 03.50 WIB, kordap sudah bangun dan mulai memasak apa yang perlu dimasak. Pukul 04.46 WIB, semua Anggota Muda sudah bangun dan melaksanakan sholat subuh berjamaah dengan Mas Acil dan Mas Ucup. Setelah itu, kami semua berganti baju lapangan dan senam. Setelah senam, kami langsung makan pagi pukul 06.35 WIB, bersih – bersih dan packing pukul 07.10 WIB. Tepat pukul 08.00 WIB kami diberi point. Kemudian, kami plot jalur dan plot waktu. Setelah itu, kami langsung menuju poin tersebut.  Kelompok pertama tiba pukul 11.34 WIB dan disusul kelompok kedua pukul 12.05 WIB. Kemudian kami beristirahat sejenak dan kemudian kami diberi point kedua.

IMG_2379Saat point kedua diberikan, hujan turun mengguyur tempat kami berada saat itu. Walau hujan mengguyur, kami tetap melanjutkan perjalanan kami. Akhirnya, kami sampai di point kedua dan ternyata, point kedua yang telah diberikan itu salah. Tapi itu bukan menjadi suatu masalah. Kemudian, kami melanjutkan perjalanan menuju Wella. Sesampainya di Wella, keadaan sekitar terasa lembab karena hujan masih mengguyur. Kami camp di Wella saat itu. Selama di Wella, tidak kami jumpai sumber air, namun hujan terus turun hingga larut malam. Ternyata, Mas Gentar dan Mas Ayonk menyusul kami di Wella dan suasana camp menjadi semakin menyenangkan. Malam harinya meski hujan cukup lebat, briefing, evaluasi, dan refresh materi oleh Mas Cahyo tetap dilaksanakan. Setelah briefing, evaluasi, dan refresh materi selesai, Mas Gentar menambahkan sedikit materi tentang altimeter. Beberapa di antara kami ada yang istirahat dan ada yang ikut materi altimeter.

Minggu pagi, 30 Maret 2014, seperti biasa kami bangun pagi melakukan aktivitas pagi yang biasa kami lakukan. Mulai dari sholat subuh, senam, makan, packing, dan cleaning. Namun, ada yang berbeda pada pagi itu. Pagi itu, sekitar pukul 07.00WIB kami refresh materi GPS. Meskipun sudah belajar sebelumnya, beberapa dari kami masih sedikit bingung tentang penggunaan GPS. Tepat pukul 08.00 WIB kami selesai briefing dan dilanjutkan dengan makan pagi dan cleaning. Kami melanjutkan perjalanan kami sesuai petunjuk Mas Cahyo dan Mas Acil menuju point – point yang telah ditentukan. Poin pertama adalah triangulasi. Saat perjalanan, kami mendapat kesulitan. Salah satunya kami salah membaca GPS dan ragu-ragu dalam menentukan arah yang kami tuju. Namun, dengan dorongan dari kakak – kakak kami, akhirnya kami bisa sampai di triangulasi. Sesampainya di triangulasi, kami beristirahat sebentar sembari mendengarkan pengarahan dari Mas Cahyo dan Mas Acil serta tambahan dari Mas Ipang tentang posisi kita yang sebenarnya di peta RBI. Sebelum melanjutkan perjalanan berikutnya, kami bertukar posisi. Muninggar yang sebelumnya bertugas menjadi pembuk

DCIM101MEDIA

a jalan sekarang bertukar dengan Wahyu Ak sebagai Navigator. Di tengah-tengah perjalanan, kami mendapat musibah. Wahyu Ak terpeleset dan terluka di bagian lutut. Seketika itu juga pembuka jalan di ambil alih oleh Mas Arif. Perjalanan menuju ke point berikutnya ( perhutani ) pun di lanjutkan kembali. Kami istirahat kembali di sekitar punggungan Jobolarangan. Setelah itu kami melanjutkan perjalanan ke perhutani. Kami sampai sekitar pukul 16.15 WIB dan langsung persiapan mendirikan camp. Kami istirahat sampai pukul 20.00 WIB, selanjutnya kami evaluasi dan briefing dari jam 20.10 sampai 21.40 WIB. Kemudian kami makan malam dan istirahat tidur pukul 22.00 WIB.

     IMG_5410Senin pagi, 31 Maret 2014 seperti briefing semalam kami bangun pukul 05.00 WIB dan dilanjutkan sholat subuh serta persiapan untuk senam. Namun, senam kami tidak sesuai waktunya dari jadwal yang sebelumnya. Senam dimulai pukul 05.30 WIB tapi terlaksana pada pukul 06.00 sampai 06.25 WIB. Kemudian, kami bergegas untuk cleaning dan makan pagi sampai pukul 08.00 WIB. Sekitar pukul 08.15 WIB kami briefing lagi untuk melanjutkan Lantap HG pada hari terakhir ini. Tak lupa berdo’a sebelum perjalanan, kami melanjutkan perjalanan ke point pertama yang telah di tunjukkan Mas Cahyo dan Mas Arif yaitu tapal batas. Kami memplotkan waktu perjalanan kami 45 menit. Namun, hampir 45 menit berjalan dan melakukan ormed, kami tidak menemukan tapal batas yang di tuju. Dan akhirnya, Mas Arif dan Mas Cahyo memberitahu bahwa kami sudah melewati tapal batas, kemudian kami melanjutkan perjalanan ke point berikutnya yaitu saddle. Ditengah perjalanan, salah satu saudara kami, Ogif terpeleset dan hampir jatuh ke jurang. Namun, beruntung tidak samapai jatuh ke dalam jurang karena tersangkut di pohon. Sesampainya di point ke-2, kami langsung melanjutkan perjalanan karena waktu yang sudah siang. Kami beristirahat untuk sholat sekitar pukul 13.30 WIB sampai 14.00 WIB. Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Gondang selama 2,5 jam. Dan kami kembali istirahat di sebuah kolam warga. Kami sampai di rumah Mas Maryanto pukul 17.55 WIB. Perjalanan kami kali ini terlihat sangat jauh dan melelahkan karena kami harus melakukan perjalanan melewati sekitar 8 karvak dalam 1 hari serta melewati jalan yang lumayan cukup terjal. Kami beristirahat di rumah Mas Maryanto sembari menunggu truk yang akan menjemput kami. Sekitar pukul 19.35 WIB, truck yang telah kami tunggu – tunggu datang juga. Tak lupa, kamipun berpamitan dengan Mas Maryanto dan kami kembali ke sekretariat ajusta brata dan sampai sekitar pukul 21.30 WIB.

December 2019
M T W T F S S
« Sep    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031